Selasa, 09 Desember 2014

Jenis Proses Pembentukan Magma



Pada pembahasan kali ini saya akan memberikan sedikit pengetahuan tentang jenis proses pembentukan magma. Sebelum memulai tahapannya, pengertian dari magma sendiri merupakan cairan silikat yang panas dan pijar yang terdiri dari unsur O, Si, Al, Fe, Mg, Ca, Na, K, dan sebgainya. Sifat magma terbagi atas dua macam yakni magma basa dan magma basa. Namun pembagian sifat tersebut akan saya kupas di artikel berikutnya. Dan inilah tahap-tahap terjadinya magma, check it out!

Jenis Proses Pembentukan Magma
  •  Hibridisasi, yakni pembentukan magma baru karena pencampuran dua magma yang memiliki jenis yang berbeda.
  • Inteksis, yakni proses pembentukan magma baru karena proses asimilasi dengan batuan samping atau terlarutnya batuan asing ke dalam magma tersebut. Magma ini biasanya menyerang zona lapisan batuan yang lemah atau yang mudah mencair akibat panas dari magma.
  •  Anateksis, yakni pembentukan magma dari peleburan batuan pada kedalaman yang sangat besar. Biasanya magma ini ditemukan di daerah subduksi, dimana lapisan ini bergesekan dengan lempeng lainnya sehingga bebatuan yang ada pada lapisan ini mengalami peleburan yang menghasilkan magma.

Itulah jenis-jenis magma berdasarkan proses terjadinya, semoga bermanfaat untuk pembaca. jika ada yang kurang mengerti bisa ditanyakan di kolom komentar, TERIMAKASIH :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar